Minggu, 05 Oktober 2014

BASIS DATA

NAMA         : MUFARROHAH
NPM          : 45213670
KELAS        : 2DA02
TUGAS        : SOFTSKILL
DOSEN        : ANGGRAENI RIDWAN
MATA KULIAH  : PENGANTAR BASIS DATA


Apa itu basis data?
Mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui apa pengertian dari basis data. Basis data (DataBase) adalah kumpulan data atau file-file berkaitan antara satu file dengan file yang lain serta disimpan pada penyimpanan elektronik, yang digunakan untuk menginformasikan oleh sebuah enterprise (perusahaan).
Tujuan dibuatnya basis data yaitu untuk mempercepat, menghemat waktu agar suatu pekerjaan menjadi efektif dan efisien (terutama diprioritaskan untuk mempercepat pencarian suatu data). selain itu, dengan adanya basis data rahasia tidak jatuh ke tangan orang yang tidak berwenang dengan adanya username dan password.
Setelah kita mengetahui pengertian serta tujuan dari basis data maka timbul lah pertanyaan mengenai bagaimana membuat basis data? Pembuatannya tidaklah efektif jika menggunakan metode manual (tulis tangan) oleh karena itu banyak software-software untuk membuat basis data, diantaranya :

F  Microsoft SQL Server
F  Oracle
F  Sybase
F  Interbase
F  XBase
F  Firebird
F  MySQL
F  PostgreSQL
F  Microsoft Access
F  dBase III
F  Paradox
F  FoxPro
F  Visual FoxPro
F  Arago
F  Force
F  Recital
F  dbFast
F  dbXL
F  Quicksilver
F  Clipper
F  FlagShip
F  Harbour
F  Visual dBase
F  Lotus Smart Suite Approach
F  db2
F  MongoDB


Kalian boleh memilih secara bebas ingin menggunakan software yang mana, lalu bagaimana cara kerja software tersebut? Mereka mempunyai sistem basis data (kumpulan dari object-object untuk pengumpulan data).  Kompenen-komponennya yaitu :

F Terdapatnya Hardware yaitu perangkat keras yang biasanya terdapat dalam sistem basis data adalah memori atau sekunder hardisk.
F SO (operating system) yaitu program yang mengaktifkan atau mengfungsikan sistem komputer, mengendalikan seluruh sumber daya (resource) dan melakukan operasi-operasi dalam komputer. Sistem Operasi yang banyak digunakan seperti: MS-DOS, MS-Windows 95 MS Windows NT, dan Unix
F Management System ( DBMS )
Pengolahan basis data secara fisik tidak dilakukan oleh pemakai secara langsung,
tetapi ditangani oleh sebuah perangkat lunak yang disebut DBMS yang menentukan bagaimana data disimpan, diubah dan diambil kembali.
F Basis Data,  sebuah basis data ( Database ) dapat memiliki beberapa basis data. Setiap basis data dapat berisi atau memiliki sejumlah objek basis data seperi file atau tabel.Database
F Network yaitu jaringan yang dibutuhkan untuk dapat menyimpan data secara cepat.
F User Bagi pemakai dapat berinteraksi dengan basis data dan memanipulasi data dalam program yang ditulis dalam bahasa pemograman.
F e.t.c

Menggunakan basis data tidaklah mudah, banyak sekali kesalahan-kesalahan yang sering ada pada penggunaan basis data, berikut ini kelemahan dari sistem tradisional tersebut diantaranya :
-          Data Rangkap (datanya ada banyak)
-          Inkonsisten Data (Data Tidak Konsisten)
-          Program Oriented (Program sama tapi isinya berbeda-beda)
-          Keamanan Data Tidak Terjamin
-          Dan masih banyak lagi
Jadi, dengan adanya sistem basis data kalian bisa mendapatkan peluang untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan diatas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar