E-Marketing
Pada kesempatan kali ini saya
bermaksud akan membahas mengenai
penjualan barang/jasa melalui internet, bahasa yang sering dipakai
atau bahasa kerennya e-marketing. Lantas apa pengertian dari
e-marketing itu sendiri? E-marketing yaitu segala upaya yang dilakukan
penjual dimana penjualan tersebut memasarkan produk/jasa nya melalui media
elektronik atau internet. Untuk lebih jelasnya saya berikan beberapa
pengertian dari e-marketing menurut para ahli, sebagai berikut :
Pengertian E-Marketing menurut beberapa ahli, antara lain:
1. Menurut Armstrong dan Kottler (2004:74)
adalah sebagai berikut: E-Marketing is the marketing side of E-Commerce,
it consists of company efforts to communicate abaout, promote and sell products
and services over the internet. Yang bisa diartikan sebagai berikut:
E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari
perusahaanuntuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang
dan jasa melalui internet.
2. Menurut American Marketing Association
yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan
dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi.
Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan
hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
3. Menurut Boone dan Kurtz (2005) e-marketing
adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh
marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan
penetapan harga barang dan jasa kepada
pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain.
4. Menurut Strauss dan Frost (2001)
e-marketing adalah penggunaan data dan aplikasi elektronik untuk perencanaan
dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan
harga untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan
organisasi.
Gimana sudah terbayang bukan apa itu e-marketing? E-marketing ini
juga punya dampak negative dan positifnya. Karena e-marketing ini merupakan
bagian dari e-bussiness jadi wajar saja e-marketing mempunyai dampak negative
dan positif bisnis kan tidak selamanya berdampak positif. Ini dia dampak
positif :
Dampak Positif E-Marketing :
Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan
E-marketing ini bagi perusahaan menurut Jamal (1996:18) yaitu:
1. Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam
suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
2. Target adalah konsumen yang telah terbagi
ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.
3. Transaksi binis secara elektronik dan
dengan biaya yang rendah.
E-mail dan data files dapat dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau
semua konsumen dalam hitungan detik.
4. Jalur proses penjualan langsung dari
produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik.
5. Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan
secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat
cepat.
6. Dapat melacak kegiatan penjualan yang
sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat.
7. Dapat mengawasi pesaing.
8. Menciptakan dialog antara perusahaan
dengan konsumen.
9. Dapat mendistribusikan program dan
informasi tentang produk melalui E-mail atau file transfer.
Keuntungan lainnya yaitu :
1. Pengurangan biaya melalui otomatisasi dan
penggunaan media elektronik
2. Respon yang lebih cebat baik untuk end
user maupun bagi marketer
3. Adanya kemampuan untuk pengukuran dan
pemgumpulan data
4. Personalisasi
5. Memungkinkan adanya interaksi
Kelemahan dari e-Marketing
Selain keunggulan di atas, e-Marketing juga mempunyai beberapa
kelemahan :
1. Ketergantungan pada teknologi
2. Isu keamanan dan privasi
3. Adanya biaya pemeliharaan karena teknologi
yang terus berkembang
4. Akses teknologi yang belum merata terutama
di Indonesia
5. Transparansi harga sehingga mengakibatkan
meningkatnya kompetisi harga
6. Kompetisi global
Macam dan jenis Internet Marketing (e-marketing)
1. Affiliate (Afiliasi)
Pengertian Affiliate/Afiliasi adalah suatu progam yang disediakan
oleh penyedia produk atau jasa yang jika seseorang melakukan pembelian atas
nama anda, anda akan mendapatkan komisi dengan nominal sesuai dengan masing
masing kebijakan penyedia produk.
Bagaimana Cara Kerja Progam Affliate?
Misalnya jika anda telah mendaftarkan diri anda di website
penjualan atau jasa yang menyediakan progam affiliate, anda akan diberi sebuah
link penjualan produk atau sebuah Banner yang bisa anda tempelkan di website
anda jika anda memiliki sebuah website atau blog. dan jika terjadi pembelian
melalui link anda, anda akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Progam
ini termasuk PPS (Pay Per Sale) atau dibayar per penjualan.
2. Reseller/
Dropshipping
Pengertian Dropshipping adalah sebuah sistem pemasaran dimana anda
hanya bermodalkan foto atau gambar sebuah produk di website penyedia produk
untuk anda tawarkan kembali ke berbagai Social Media atau web/blog yang anda
miliki. Lalu darimana kita mendapat keuntungan ? keuntungan dari sistem ini
berbeda dengan progam Affiliate(Afiliasi) , jika afiliasi anda dibayar perpenjualan
oleh penyedia produk dengan komisi sesuai kebijakan sebelumnya, Dropshipper
tidak, karena keuntungan yang anda dapat ialah keuntungan dari selisih harga
asli pada produk yang anda tawarkan, terserah anda karena barang dikirim bukan
atas nama supplier produk tetapi atasnama anda. Jadi, disini anda menjadi
seorang reseller atau menjual produk kembali tetapi tidak perlu stock barang,
dan sibuk melakukan pengiriman barang hanya bermodalkan catalog contoh produk
saja. Tetapi system ini juga memiliki juga memiliki kekurangan, simak juga
Bagaimana Cara Kerja Sistem Dropshipping ?
Cara kerja sistem ini sangatlah mudah anda hanya perlu menyebarkan
foto katalog produk sesuai partner atau supplier anda dengan memasang harga
lebih tinggi daripada harga asli yang mana selisih harga itulah keuntungan yang
anda dapat. Jika ada yang memesan dan melakukan pembayaran beserta ongkir, anda
tinggal meneruskan saja data pemesan ke supplier anda, setelah anda melakukan
pembayaran ke supplier, barang akan dikirim ke customer anda atasnama anda.
Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini
3. Publisher
Adsvertisement (Penayang iklan)
Pengertian Publisher Ads adalah suatu partner yang menerima
penyangan iklan bagi siapa saja yang ingin mengiklankan produknya di Website/
Blog yang dimiliki partner tersebut. Disini anda diharuskan untuk mempunyai
Website/ Blog untuk menayangkan iklan seseorang jika anda menerima kerja sama
dengan pengiklan. Tidak cukup itu, karena iklan akan telihat sia sia jika
website yang anda miliki mempunyai pengunjung sedikit. Jadi konten yang
bekualitas dan pengunjung website yang banyak akan menjadi nilai tambah dimata
investor.
Progam yang sangat digemari dan yang paling fenomenal sa’at ini
adalah Google Adsense, dimana seseorang yang sudah mendaftarkan Website/
Blognya pada progam ini dan diterima oleh Google Adsense, akan diberikan sebuah
script iklan untuk ditempelkan di Website yang anda punya.
Bagaimana Cara Kerja Progam Publisher Adsvertisement?
Tentu anda sudah tahu sendiri jika kita memang menyediakan ruang
iklan di website dan ada yang beriklan di website anda, anda akan mendapatkan
keuntungan dengan memasang harga yang anda patok sebelumnya.
Tetapi bagamaina cara kerja progam Google Adsense ? progam ini
bisa dibilang penghubung antara penayang iklan dan orang yang beriklan, Dimana
website yang sudah ada daftarkan dan diterima oleh pihak Google melalui
peninjauan, akan berhak memasang Script iklan dari pengiklan di google
yang bisa anda pasang di website anda, dan jika ada yang mengklik iklan yang
ada di website anda, anda akan memperoleh komisi berupa Dollar.
Script itu bisa anda dapat setelah anda mendapatkan akun Google
Adsense. Bisa juga tanpa mempunyai Website/Blog, dengan bermodal akun Youtube,
anda bisa kaitkan dengan progam Adsense. Jika akun anda diterima sebagai
partner Google Adsense, di Channel anda akan muncul fitur Monetization, Jadi
setelah anda upload video tinggal klik Monetization nanti akan menampilkan
iklan di Video yang anda upload
Tetapi jangan berpikir anda bisa mengakali Google dengan mengklik
iklan sendiri atau menyuruh orang lain mengklik, karena itu akan berdampak akun
anda akan di Banned. Progam ini termasuk PPC (Pay Per Click) atau anda akkan
dibayar tiap klik iklan. Banyak sekali progam PPC di Indonesia seperti
kumpulbogger.com , kliksaya.com, dan masih banyak lainya yang biasa digunakan
sebagai alternative Google Adsense.
4. Menjual Produk Sendiri
Memang ini adalah cara mutlak bagaimana menghasilkan uang dari
internet, yaitu berjualan produk anda sendiri di internet. Semakin lama semakin
banyak yang terjun dalam pemasaran online dan hal ini membuat semakin detik
semakin banyak saingan dalam pemasaran di internet. Banyak sekali cara
memasarkan produk di internet yang bisa anda lakukan. Tetapi jika
terus menunda sama halnya anda memberi peluang pada saingan anda. Jadi,
jika anda mempunyai sebuah produk sudah sa’atnya kini go online!
Contoh web yang menerapkan e-marketing :
1. http://pengusahaonline.net/
2. http://cafebisnis.com/
3. http://www.bisnis.com/
Kesimpulan
E-marketing yaitu segala upaya yang dilakukan penjual dimana
penjualan tersebut memasarkan produk/jasa nya melalui media elektronik atau
internet. E-Marketing
merupakan peluang yang menjanjikan bagi produsen sangat di perlukan untuk
memperluas usaha dan efisiensi biaya. E-Marketing baik dari sisi konsumen
maupun produsen. Terutama perusahaan-perusahaan kecil yang ingin mengembakan
usahanya.
Sumber :
http://infobisnishot.blogspot.com/2013/08/dampak-positif-dan-negatif-bisnis-online.html
http://reddevil-cupu.blogspot.com/2011/01/e-marketing.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_Internet
http://www.paulussetyo.com/2009/03/apakah-e-marketing-itu/
http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/11/19/kepuasan-pelanggan-terhadap-e-marketing/
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/e-marketing-electronic-marketing.html
http://www.ericknetizen.com/2014/12/macam-dan-jenis-internet-marketing.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar