Senin, 30 Maret 2015

Tugas 2 - Kewirausahaan 2


E-Marketing
Pada kesempatan kali ini saya bermaksud akan membahas mengenai penjualan barang/jasa  melalui internet, bahasa yang sering dipakai atau bahasa kerennya e-marketing. Lantas apa pengertian dari e-marketing itu sendiri? E-marketing yaitu segala upaya yang dilakukan penjual dimana penjualan tersebut memasarkan produk/jasa nya melalui media elektronik atau internet. Untuk lebih jelasnya saya berikan beberapa pengertian dari e-marketing  menurut para ahli, sebagai berikut :

Pengertian E-Marketing menurut beberapa ahli, antara lain:
1.     Menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah sebagai berikut: E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it consists of company efforts to communicate abaout, promote and sell products and services over the internet. Yang bisa diartikan sebagai berikut: E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaanuntuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.

2.     Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
3.     Menurut Boone dan Kurtz (2005) e-marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain.
4.     Menurut Strauss dan Frost (2001) e-marketing adalah penggunaan data dan aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan harga untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.
Gimana sudah terbayang bukan apa itu e-marketing? E-marketing ini juga punya dampak negative dan positifnya. Karena e-marketing ini merupakan bagian dari e-bussiness jadi wajar saja e-marketing mempunyai dampak negative dan positif bisnis kan tidak selamanya berdampak positif. Ini dia dampak positif :

Dampak Positif E-Marketing :
Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan menurut Jamal (1996:18) yaitu:

1.     Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
2.     Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.
3.     Transaksi binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah.

E-mail dan data files dapat dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau semua konsumen dalam hitungan detik.

4.     Jalur proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik.
5.     Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat cepat.
6.     Dapat melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat.
7.     Dapat mengawasi pesaing.
8.     Menciptakan dialog antara perusahaan dengan konsumen.
9.     Dapat mendistribusikan program dan informasi tentang produk melalui E-mail atau file transfer.

Keuntungan lainnya yaitu :
1.     Pengurangan biaya melalui otomatisasi dan penggunaan media elektronik
2.     Respon yang lebih cebat baik untuk end user maupun bagi marketer
3.     Adanya kemampuan untuk pengukuran dan pemgumpulan data
4.     Personalisasi
5.     Memungkinkan adanya interaksi

Kelemahan dari e-Marketing
Selain keunggulan di atas, e-Marketing juga mempunyai beberapa kelemahan :
1.     Ketergantungan pada teknologi
2.     Isu keamanan dan privasi
3.     Adanya biaya pemeliharaan karena teknologi yang terus berkembang
4.     Akses teknologi yang belum merata terutama di Indonesia
5.     Transparansi harga sehingga mengakibatkan meningkatnya kompetisi harga
6.     Kompetisi global

Macam dan jenis Internet Marketing (e-marketing)
1.      Affiliate (Afiliasi)
Pengertian Affiliate/Afiliasi adalah suatu progam yang disediakan oleh penyedia produk atau jasa yang jika seseorang melakukan pembelian atas nama anda, anda akan mendapatkan komisi dengan nominal sesuai dengan masing masing kebijakan penyedia produk.

Bagaimana Cara Kerja Progam Affliate?
Misalnya jika anda telah mendaftarkan diri anda di website penjualan atau jasa yang menyediakan progam affiliate, anda akan diberi sebuah link penjualan produk atau sebuah Banner yang bisa anda tempelkan di website anda jika anda memiliki sebuah website atau blog. dan jika terjadi pembelian melalui link anda, anda akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Progam ini termasuk PPS (Pay Per Sale) atau dibayar per penjualan.


2.    Reseller/ Dropshipping
Pengertian Dropshipping adalah sebuah sistem pemasaran dimana anda hanya bermodalkan foto atau gambar sebuah produk di website penyedia produk untuk anda tawarkan kembali ke berbagai Social Media atau web/blog yang anda miliki. Lalu darimana kita mendapat keuntungan ? keuntungan dari sistem ini berbeda dengan progam Affiliate(Afiliasi) , jika afiliasi anda dibayar perpenjualan oleh penyedia produk dengan komisi sesuai kebijakan sebelumnya, Dropshipper tidak, karena keuntungan yang anda dapat ialah keuntungan dari selisih harga asli pada produk yang anda tawarkan, terserah anda karena barang dikirim bukan atas nama supplier produk tetapi atasnama anda. Jadi, disini anda menjadi seorang reseller atau menjual produk kembali tetapi tidak perlu stock barang, dan sibuk melakukan pengiriman barang hanya bermodalkan catalog contoh produk saja. Tetapi system ini juga memiliki juga memiliki kekurangan, simak juga

Bagaimana Cara Kerja Sistem Dropshipping ?
Cara kerja sistem ini sangatlah mudah anda hanya perlu menyebarkan foto katalog produk sesuai partner atau supplier anda dengan memasang harga lebih tinggi daripada harga asli yang mana selisih harga itulah keuntungan yang anda dapat. Jika ada yang memesan dan melakukan pembayaran beserta ongkir, anda tinggal meneruskan saja data pemesan ke supplier anda, setelah anda melakukan pembayaran ke supplier, barang akan dikirim ke customer anda atasnama anda. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini


3.    Publisher Adsvertisement (Penayang iklan)
Pengertian Publisher Ads adalah suatu partner yang menerima penyangan iklan bagi siapa saja yang ingin mengiklankan produknya di Website/ Blog yang dimiliki partner tersebut. Disini anda diharuskan untuk mempunyai Website/ Blog untuk menayangkan iklan seseorang jika anda menerima kerja sama dengan pengiklan. Tidak cukup itu, karena iklan akan telihat sia sia jika website yang anda miliki mempunyai pengunjung sedikit. Jadi konten yang bekualitas dan pengunjung website yang banyak akan menjadi nilai tambah dimata investor.

Progam yang sangat digemari dan yang paling fenomenal sa’at ini adalah  Google Adsense, dimana seseorang yang sudah mendaftarkan Website/ Blognya pada progam ini dan diterima oleh Google Adsense, akan diberikan sebuah script iklan untuk ditempelkan di Website yang anda punya.

Bagaimana Cara Kerja Progam Publisher Adsvertisement?
Tentu anda sudah tahu sendiri jika kita memang menyediakan ruang iklan di website dan ada yang beriklan di website anda, anda akan mendapatkan keuntungan dengan memasang harga yang anda patok sebelumnya.
Tetapi bagamaina cara kerja progam Google Adsense ? progam ini bisa dibilang penghubung antara penayang iklan dan orang yang beriklan, Dimana website yang sudah ada daftarkan dan diterima oleh pihak Google melalui peninjauan, akan berhak memasang Script iklan dari pengiklan di google  yang bisa anda pasang di website anda, dan jika ada yang mengklik iklan yang ada di website anda, anda akan memperoleh komisi berupa Dollar.
Script itu bisa anda dapat setelah anda mendapatkan akun Google Adsense. Bisa juga tanpa mempunyai Website/Blog, dengan bermodal akun Youtube, anda bisa kaitkan dengan progam Adsense. Jika akun anda diterima sebagai partner Google Adsense, di Channel anda akan muncul fitur Monetization, Jadi setelah anda upload video tinggal klik Monetization nanti akan menampilkan iklan di Video yang anda upload
Tetapi jangan berpikir anda bisa mengakali Google dengan mengklik iklan sendiri atau menyuruh orang lain mengklik, karena itu akan berdampak akun anda akan di Banned. Progam ini termasuk PPC (Pay Per Click) atau anda akkan dibayar tiap klik iklan. Banyak sekali progam PPC di Indonesia seperti kumpulbogger.com , kliksaya.com, dan masih banyak lainya yang biasa digunakan sebagai alternative Google Adsense.

4. Menjual Produk Sendiri
Memang ini adalah cara mutlak bagaimana menghasilkan uang dari internet, yaitu berjualan produk anda sendiri di internet. Semakin lama semakin banyak yang terjun dalam pemasaran online dan hal ini membuat semakin detik semakin banyak saingan dalam pemasaran di internet. Banyak sekali cara memasarkan produk di internet yang bisa anda lakukan. Tetapi jika terus menunda sama halnya anda memberi peluang pada saingan anda.  Jadi,  jika anda mempunyai sebuah produk sudah sa’atnya kini go online! 
Mungkin cukup  itu penjelasan tentang macam dan jenis Internet Marketing. Semua diatas adalah termasuk bisnis online tanpa modal.Tetapi ada juga beberapa website penyedia progam Dropshipping dan Affiliate yang mematok harga pendaftaran atau diharuskan membeli produk dari supplier penyedia progam tersebut terdahulu sebelum ingin mengikuti progam yang ada di website mereka.Untuk penayang iklan anda hanya bermodalkan kualitas website yang anda miliki dan memiliki trafik pengunjung yang tinggi.Sebetulnya sangat banyak sekali metode bagaimana menghasilkan uang dari internet, tetapi beberapa jenis diatas itulah yang paling menjanjikan.Semoga tulisan ini bermanfa’at bagi semua yang ingin terjun di dunia Internet Marketing. 

Contoh web yang menerapkan e-marketing :
1.       http://pengusahaonline.net/
2.       http://cafebisnis.com/
3.      http://www.bisnis.com/

Kesimpulan
E-marketing yaitu segala upaya yang dilakukan penjual dimana penjualan tersebut memasarkan produk/jasa nya melalui media elektronik atau internet. E-Marketing merupakan peluang yang  menjanjikan bagi produsen sangat di perlukan untuk memperluas usaha dan efisiensi biaya. E-Marketing baik dari sisi konsumen maupun produsen. Terutama perusahaan-perusahaan kecil yang ingin mengembakan usahanya.

Sumber :
http://infobisnishot.blogspot.com/2013/08/dampak-positif-dan-negatif-bisnis-online.html
http://reddevil-cupu.blogspot.com/2011/01/e-marketing.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_Internet
http://www.paulussetyo.com/2009/03/apakah-e-marketing-itu/
http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/11/19/kepuasan-pelanggan-terhadap-e-marketing/
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/e-marketing-electronic-marketing.html
http://www.ericknetizen.com/2014/12/macam-dan-jenis-internet-marketing.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar