E-Commerce
Pada
kesempatan kali ini saya bermaksud akan membahas perdagangan yang dilakukan
melalui internet, bahasa yang sering dipakai atau bahasa kerennya
yaitu e-commerce. Lantas apa itu e-commerce? Yup langsung saja e-commerce
yaitu singkatan dari electronic commerce yang diartikan perdagangan
elektronik.
Lantas
apa itu perdagangan elektronik? e-commerce (perdagangan elektronik) merupakan
suatu cara dalam transaksi perdagangan/perniagaan untuk mempromosikan barang
atau jasa (trade of goods and service) dimana dalam melakukan promosi tersebut
dilakukan secara online ke public yang berbagai macam barang atau jasa yang
ditawarkan secara elektronik.
E-commerce
sendiri merupakan sebagian dari e-business karena dalam kegiatannya dilakukan
oleh pelaku bisnis yang menyangkut konsumen, manufaktur, service provider dan
pedagang perantara dengan menggunakan jaringan komputer yaitu internet. Dibawah
ini saya berikan beberapa pengertian mengenai e-commerce menurut para ahli,
antara lain :
Pengertian E-Commerce menurut
beberapa ahli :
1.
Kalakota
dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari
beberapa perspektif, yaitu :
·
Dari perspektif komunikasi E-Commerce adalah pengiriman
informasi, produk/jasa, atau
pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya.
·
Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow.
·
Dari perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman
barang.
·
Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet
dan jaringan jasa online lainnya.
2. Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information Science and
Technology (2005)
E-Commerce adalah penggunaan jaringan computer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transksaksi komersial. Kemudian diwebsite E-Commerce Net, E-Commerce didefinisikan
sebagai
kegiatan menjual barang dagangan
dan/atau jasa melalui internet.
Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya. Seperti customer service, produk yang tersedia, cara
pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya.
Seluruh definisi yang dijelaskan di atas pada
dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi (pembeli, penjual,
barang, jasa dan informasi), subyek dan obyek yang terlibat, serta media yang
digunakan (dalam hal ini adalah internet).
·
Perkembangan
teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan
e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer
di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi
antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan
menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat
menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih
efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk
menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan
menjalankan bisnis di internet.
·
Pertukaran
informasi dalam E-Commerce dilakukan dalam format dijital sehingga kebutuhan
akan pengiriman data dalam bentuk cetak dapat dihilangkan. Dengan menggunakan
sistem komputer yang saling terhubung melalui jaringan telekomunikasi,
transaksi bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat.
Akibatnya informasi yang dibutuhkan untuk keperluan transaksi bisnis tersedia
pada saat diperlukan. Dengan
melakukan bisnis secara elektronik, perusahaan dapat menekan biaya yang harus
dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses transaksi yang
berlangsung secara cepat juga mengakibatkan meningkatnya produktifitas
perusahaan.
·
Dengan
menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi
untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan
bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat
persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan
E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan,
sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.
3.
Menurut Website whatis.com
E-commerce yaitu berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang
atau jasa melalui internet, khususnya World Wide Web.
E-commercemerupakan suatu tindakan melakukan
transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media
komunikasi yang paling utama.
5.
Website
ECARM (The Society For Electronic Commerce And Rights Management)
Dijelaskan bahwa E-commerce secara umum
menunjukkan seluruh bentuk transaksi yang berhubungan dengan
aktivitas-aktivitas perdagangan, termasuk organisasi dan perorangan yang
berdasarkan pada pemrosesan dan transmisi data dijital termasuk teks,
suara, dan gambar-gambar visual (OECD, 1997).
6.
Website
Planetweb E-commerce Solutions,
E-commercememiliki arti bahwa sebuah website
dapat menjadi sebuah modal bagi perusahaan, dimana website tersebut dapat
menghasilkan uang dan dapat menggambarkan perusahaan anda di internet pada
saat yang bersamaan.
7.
Website
E-commerce Net,
Secara sederhana dijelaskan
bahwa e-commerce adalah menjual barang dagangan dan / atau jasa
melalui internet. Seluruh pelaku yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan
disini, seperti customer service, produk yang tersedia, kebijakan-kebijakan
pengembalian barang dan uang, periklanan, dll.
8.
Menurut Gary
Coulter dan John Buddemeir (E-commerce Outline)
E-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan,
pemesanan produk, yang semuanya dikerjakan melalui internet. Beberapa
perusahaan memilih untuk menggunakan kegiatan bisnis ini sebagai tambahan
metode bisnis tradisional, sementara yang lainnya menggunakan internet secara
eksklusif untuk mendapatkan para pelanggan yang berpotensi.
Pada
umumnya kan semua berasal dari sejarahnya jadi ada baiknya nih jika
kalian mengetahui sejarah dari e-commerce, sebagai berikut:
Sejarah dan Perkembangan
E-Commerce
E-commerce
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali
banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu
halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 miliar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang
lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika
Serikat diramalkan akan mencapai
seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Istilah "perdagangan
elektronik" telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan
elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.
Kemudian
dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunyai istilah yang lebih tepat
"perdagangan web" — pembelian barang dan jasa melalui World
Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.
Pada
awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis
memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun,
baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap
matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa
mengembangkan situs web perdagangan ini.
Bagaimana
sudah terbayang belum setelah membaca artikel diatas? Yup, setelah mengetahui
apa yang dimaksud dengan e-commerce beserta sejarahnya. Sekarang saya akan
berikan contoh-contoh dari e-commerce itu sendiri agar lebih jelas, antara lain
:
Bisnis
e-commerce mulai tumbuh dengan cepat sejak tahun 1998. Pada awal pertumbuhannya
tipe bisnis ini hanya melingkupi bidang business-to-consumer (B2C) e-commerce.
Namun pada pertumbuhannya perkembangan bisnis ini mulai melingkupi bidang
business-to-business (B2B), consumer-to-consumer (C2C), dan consumer
to business (C2B) berikutdefinisi-nya :
1.
B2B (
Bussines to Bussines ) adalah transaksi secara elektronik antara
entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan
B2B adalah :
·
Disebut juga transaksi antar perusahaan
·
Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa,
informasi & konsultasi
·
Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
Keterangan
:
EDI - singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya
adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar
perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang
telah disepakati.
Global Market Group adalah sebuah perusahaan perdagangan
internasional pemasaran. Sekarang dengan lebih dari 30 kantor lapangan serta
staf dari 1.000, perusahaan berkomitmen untuk mendirikan GMC (Global Produsen
Sertifikat) Masyarakat, di mana manufaktur Cina yang berkualitas didirikan dan
dapat berdiri di antara sisanya. Dengan mengikuti pameran global, penawaran
marketing dan memberikan solusi sourcing, jembatan pasar global kesenjangan
antara pembeli global dan produsen GMC.
2.
B2C (Bussines to Consument )adalah kegiatan E-businesses dalam
pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Dengan
penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh
konsumen karena biaya sudah tercantum. kelebihan dari B2C adalah sebagai
berikut :
·
Disebut dengan transaksi pasar
·
Konsumen mempelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi
·
Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
·
Meminta agar barang dikirimkan
Contoh perusahaan yang menerapkan konsep B2C
adalah bhinneka yang Konsep pemasarannya
pada Bidang Usaha : Total IT Solution Spesialis dalam Komputer &
Software Distribution
3.
C2C ( Consumer to Consumer ) adalah
model e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C
adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh
individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot).
C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan
produk/jasa langsung kepada individu lainnya.
Contoh perusahaan yang menerapkan konsep C2C adalah
Tau dong tokobagus.com? ternyata
perusahaan tersebut termasuk kedalam e-commerce. Perusahaan-perusahaan lain
yang terkenal dalam bidang ini antara lain : eBay, Amazon dan PayPal (yang
bergerak dalam bidang transaksi secara online).
v
Aplikasi Bisnis
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
·
E-mail dan Messaging
·
Content Management Systems
·
Dokumen, spreadsheet, database
·
Akunting dan sistem keuangan
·
Informasi pengiriman dan pemesanan
·
Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
·
Sistem pembayaran domestik dan internasional
·
Newsgroup
·
On-line Shopping
·
Conferencing
·
Online Banking/internet Banking\
·
Product Digital/Non Digital
·
Online SEO
Jika diantara kalian yang
sering melakukan jual/beli barang atau jasa secara online pasti lebih mudah
memahami e-commerce ini. Namun, pembelian/penjualan barang maupun jasa di
internet mempunyai risiko yang tinggi sekali yup diantaranya yaitu marak
terjadinya penipuan. Yah.. wajar saja bukan, karna kita tidak dapat menyentuh
barang tersebut secara langsung. Oke langsung saja saya berikan dampak positif
dan negatif dari e-commerce, yaitu :
Didalam dunia E-Commerce pasti terdapat dampak
positif dan negativenya.
Ø
Dampak positifnya, yaitu :
·
Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan
yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
·
Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
·
Menurunkan biaya operasional(operating cost).
·
Melebarkan jangkauan (global reach).
·
Meningkatkan customer loyality.
·
Meningkatkan supplier management.
·
Memperpendek waktu produksi.
·
Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
Ø
Dampak negativenya, yaitu :
·
Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang
penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah
mengganti semua data finansial yang ada.
·
Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa
menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak
berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
·
Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini
bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
·
Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan
seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia
memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
·
Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam
faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang
berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
·
Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan
dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan
faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
·
Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan. Hukum yang kurang
berkembang dalam bidang e-commerce ini.
v
Manfaat e-commerce bagi konsumen :
·
Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau
melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir
setiap lokasi.
·
Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan;
mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
·
Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal
kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan
perbandingan secara cepat.
·
Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, EC
menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
·
Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan
detik, bukan lagi hari atau minggi.
·
Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya
(virtual auction).
·
Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk
berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran
serta berbagai pengalaman.
·
Electronic commerce memudahkan persaingan, yang pada akhirnya akan
menghasilkan diskon secara substansial.
v
Manfaat e-commerce bagi masyarakat :
·
Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan
tidak banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus
kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.
·
Elctronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan
harga lebih rendah, sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak
dan meningkatkan taraf hidup mereka.
·
Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga
dan wilayah pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah
mereka dapatkan tanpa EC. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi
serta mendapatkan gelar akademik.
·
Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan
kesehatan, pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan
pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan / atau dengan kualitas yang
lebih baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya, bisa menajangkau pasien di
daerah pedesaan.
v
Manfaat e-commerce bagi bisnis :
·
Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh
karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan
keuntungan.
·
E-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah
perusahaan yang melakukan bisnis diinternet akan mengurangi biaya tambahan
karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan
(customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.
v
Secara ringkas manfaat / keuntungan e-commerce tersebut adalah sebagai
berikut :
·
Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
·
Bagi Pengelola bisnis: efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu.
·
Bagi Manajemen: peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.
Sesuatu
didunia ini memang tidak ada yang sempurna.
Jadi, dapat disimpulkan e-commerce yaitu kegiatan berbisnis dalam menjual barang atau jasa yang dilakukan melalui internet (“e-commerce is a part of e-business”).
Semoga Materi ini Bermanfaat :D
Sumber :
Ø http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
Ø http://bungasitianessya.blogspot.com/2010/05/e-commerce-sementara-itu-kalakota-dan.html
Ø https://unindrax1eione.wordpress.com/e-commerce/definisicontoh-dan-dampak-e-commerce/
Ø http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2013/02/02/apa-itu-e-commerce--530651.html
Ø http://reddevil-cupu.blogspot.com/2011/01/manfaat-e-commerce-bagi-pengguna-bisnis.html
Ø http://optionsface.blogspot.com/2011/04/transaksi-elektronik-e-procurement-e.html
Ø http://fikriarfiana.blogspot.com/2012/03/tugas-paper-komputer-dan-masyarakat.html
Ø http://kelompok2bsicimone.blogspot.com/2013/05/jenis-jenis-dan-contoh-e-commerce_2.html
Ø http://dataserverku.blogspot.com/2012/03/jenis-jenis-e-commerce.html
Ø http://dollar-adword.blogspot.com/2009/10/dampak-positif-dan-negatif-e-commerce.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar