Selasa, 17 November 2015

KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA TEKNOLOGI INFORMASI



KELOMPOK I
Nama              : 1. Mufarrohah                                45213670
                          2. Nanda Putri Purwantari            46213330
                          3. Rosdiana Norminawati Purba   48213092
                          4. Ruli Novitasari                            48213128
                          5. Yeni Sarah Hardiyanti               49213424
Kelas               : 3DA02
Matakuliah    : Sistem Informasi Manajemen
Deadline         : Kamis, 19 November 2015

TUGAS 2

KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA TEKNOLOGI INFORMASI
A.  Sumber Daya Lingkungan
Lingkungan adalah alasan utama keberadaan perusahaan. Elemen-elemen lingkungan adalah organisasi atau individu yang berada di luar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung pada perusahaan. Berikut 8 jenis elemen utama yang ada dalam lingkungan perusahaan:
  • ·         Pemasok
  • ·         Pelanggan
  • ·         Serikat buruh
  • ·         Masyarakat keuangan
  • ·         Pemegang saham
  • ·         Pesaing
  • ·         Pemerintah
  • ·         Masyarakat global

B.  Keunggulan Kompetitif
Suatu perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif, melalui beberapa cara diantaranya:
  •         Menyediakan barang dan jasa dengan harga murah
  •       Menyediakan barang dan jasa lebih baik dari pesaing
  •      Memenuhi kebutuhan khusus pada segmen tertentu
Pada bidang komputer, keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi. Jadi perusahaan tidak melulu mengandalkan sumber daya fisik, namun dapat juga mengandalkan sumber konseptual yaitu berupa data dan informasi. Penggunaan sumber daya fisik maupun konseptual, keduanya memiliki keuntungan yang sama.

C.  Rantai Nilai Porter
Professor Michael E. Porter merupakan orang yang paling sering diidentifikasikan dengan topik keunggulan kompetitif. Teori yang digunakan oleh Porter ini adalah marjin. Marjin adalah nilai produk dan jasa perusahaan, seperti yang diyakini oleh pelanggan perusahaan itu, dikurangi biaya-biayanya. Perusahaan menciptakan nilai dengan melaksanakan aktivitas yang disebut dengan aktivitas nilai. Aktivitas nilai terbagi atas 2 kategori yaitu aktivitas utama dan aktivitas pendukung. Aktivitas utama adalah aktivitas yang berhubungan dengan produksi dan penawaran nilai yang lebih besar kepada pelanggan daripada yang dilakukan pesaing. Sedangkan aktivitas pendukung adalah aktivitas yang menyediakan input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas utama berlangsung.
Aktivitas nilai utama dan pendukung diintegrasikan oleh beberapa kaitan untuk membentuk Rantai Nilai. Manajemen menyadari keunggulan tambahan yang dapat dicapai selain mengaitkan dengan rantai nilai, perusahaan juga harus mengaitkan dengan rantai nilai organisasi-organisasi lain. Kaitan ini dinamakan dengan sistem antar organisasi atau sistem informasi antar organisasi.
Rantai nilai perusahaan-perusahaan dalam suatu industri dapat sangat mirip, tetapi kemungkinan besar rantai nilai tiap perusahaan bersifat unik. Karena tiap aktivitas nilai mencakup suatu komponen informasi, pengelolaan sumber daya informasi perusahaan merupakan kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif.

D.  Sumber Daya Informasi
Jenis-jenis sumber daya informasi terdiri dari:
  • ·         Perangkat keras komputer
  • ·         Perangkat lunak komputer
  • ·         Spesialis komputer
  • ·         Pemakai
  • ·         Fasilitas
  • ·         Basis data
  • ·         Informasi
CEO (Chief Executive Officer) merupakan orang yang paling berpengaruh dalam kegiatan operasi perusahaan, dan pada umumnya memiliki jabatan direktur utama atau ketua dewan direksi. Dikenal pula istilah CFO (Chief Financial Officer) dan COO (Chief Operating Officer) yang memiliki pengertian ketua pada bidang masing-masing. Pada tahun 1980 diciptakan istilah CIO (Chief Information Officer) yaitu manager jasa informasi yang menyumbangkan keahlian managerialnya tidak hanya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumber daya informasi tetapi juga berbagai area lain dari operasi perusahaan.

E.  Perancaan Strategis Sumber Daya Informasi
Perencanaan strategis merupakan perancaan jangka panjang yang mengidentifikasikan tujuan-tujuan yang akan memberikan perusahaan posisi yang paling menguntungkan. Pada awalnya untuk menggambarkan perencanaan strategis jasa informasi yaitu transformasi kumpulan strategi. Seiring dengan berjalannya dikenal istilah yang lebih populer yaitu perencanaan strategis sumber daya informasi. 

F.   End User Computing
Golongan kemampuan pemakai akhir, antaralain:
  •      Pemakai akhir tingkat menu
  •      Pemakai akhir tingkat perintah (command level)
  •      Pemakai akhir tingkat perintah (programmers)
  •      Personil pendukung fungsional
Manfaat kemampuan pemakai akhir, yaitu:
  1.  Menyeimbangkan kemampuan dan tantanga
  2.  Mengurangi Kesenjangan komunikasi
 Resiko kemampuan pemakai akhir, adalah:
  1. Sistem yang buruk sasarannya 
  2. Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya  
  3. Pengguna sumber daya informasi yang tidak efisien
  4. Hilangnya integritas data
  5. Hilangnya keamanan
  6. Hilangnya pengendalian  

KEUNGGULAN KOMPETITIF
TEKNOLOGI INFORMASI PADA BANK
  1. Pengertian keunggulan kompetitif teknologi informasi adalah keunggulan atau kelebihan yang dimiliki oleh suatu sistem dengan basis teknologi informasi yang bertujuan untuk memudahkan segala aktivitas dan memberikan informasi yang tepat dan akurat.
    Semakin berjalannya waktu, perkembangan yang terjadi terhadap dunia teknologi semakin cepat dan canggih. Perkembangan teknologi ini dapat kita rasakan misalnya: telepon genggam, dahulu sekitar beberapa tahun silam orang-orang menggunakan telepon genggam hanya sebatas untuk telepon dan mengirim pesan singkat. Seiring dengan kemajuan teknologi maka berkembanglah sebuah telepon pintar. Telepon pintar ini selain memiliki fungsi utama untuk telepon dan mengirim pesan, fasilitas lain yang kita dapatkan dari telepon pintar ini adalah kita bisa mendapatkan informasi mengenai dunia luar hanya dengan kemahiran jari untuk menjelajahi berita yang kita inginkan melalui internet.
    Pengertian bank menurut UU No. 10 tahun 1998 adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya dalam meningkatkan taraf hidup orang banyak.
    Jenis-jenis bank antaralain:
  2. Bank Sentral adalah bank yang bertugas menerbitkan mata uang kertas dan logam sebagai alat pembayaran yang sah dalam suatu negara dan mempertahankan konversi uang dimaksud terhadap emas atau perak atau bahkan keduanya. 
  3. Bank Umum adalah bank yang bukan saja hanya meminjamkan atau menginvestasikan berbagai jenis tabungan yang diperolehnya, tetapi juga dapat memberikan pinjaman dari menciptakan sendiri uang giral. 
  4. Bank Perkreditan Rakyat adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. 
  5. Bank Syariah adalah bank yang beroperasi berdasarkan prinsip bagi hasil (sesuai kaidah ajaran islam tentang hukum riba).
Berikut beberapa Teknologi Informasi pada beberapa bank yang pernah kami jumpai:
ATM Setor Tunai

Anjungan Tunai Mandiri adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia. Meskipun pada awalnya hanya digunakan sebagai tempat mengambil uang, alat ini telah berkembang untuk memastikan banyak produk perbankan lainnya yang terkait. Misalnya: pembayaran tagihan telepon & listrik, membeli pulsa, pembayaran belanja online, mentransfer uang, dan masih banyak lagi lainnya.
Perkembangan teknologi terhadap ATM, salah satunya adalah ATM untuk setor tunai. Meskipun banyak orang yang belum mengetahui jenis kemudahan ini, namun tidak sedikit juga yang menggunakan fasilitas ini untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi. 
Cara menggunakan ATM Setor Tunai adalah:
  • Masukkan kartu ATM ke mesin ATM 
  • Masukkan No Pin kartu ATM Anda 
  • Wadah penerima akan terbuka secara otomatis 
  • Sebelum Anda memasukkan lembaran-lembaran uang yang akan disetorkan, pastikan Anda harus merapihkan terlebih dahulu uang yang dimiliki. Ingat jangan campurkan nominal 50 ribu dengan 100 ribu. 
  • Hal yang perlu Anda ingat, terkadang mesin ATM hanya menerima nominal tertentu saja yaitu lembar 50 ribu dan 100 ribu. Maksimal penyetoran 50 lembar. 
  • Saat uang dimasukkan, mesin akan melakukan pemrosesan yaitu menghitung jumlah uang yang disetorkan.
  • Setelah mesin selesai menghitung, akan muncul tampilan jenis penyetoran yaitu penyetoran rekening sendiri atau orang lain. 
  • Pilih salah satu, lalu tunggu sebentar dan struk mengenai transaksi barusan akan keluar.
Manfaat yang didapatkan dari penggunaan ATM Setor Tunai ini adalah
  • Dapat menabung tanpa harus antri 
  • Layanan 24 jam setiap hari 
  • Melakukan transfer ke sesama maupun antar bank 
  • Melakukan transaksi pembayaran secara online
Beberapa kendala yang mungkin nanti Anda akan temui dalam penggunaan ATM Setor Tunai yaitu:
  • Uang terselip dan ditolak mesin 
  • Uang tertelan dan transaksi dibatalkan 
  • Transaksi selesai dan kartu ATM tertelan
E-Banking

Perbankan Elektronik (E-Banking) merupakan penerapan atau teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab keinginan nasabah perbankan yang menginginkan server cepat, aman, nyaman, murah, dan tersedia setiap saat  (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari mana saja baik itu dari telepon genggam, komputer, laptop, notebook, dan sebagainya.
Manfaat dari penggunaan E-Banking ini adalah:
  • Business Expansion adalah kemudahan yang didapat dari penggunaan e-banking untuk melakukan kegiatan transaksi perbankan cukup menggunakan telepon seluler sehingga dapat dipergunakan kapanpun dan dimanapun tanpa harus datang ke kantor bank atau mesin ATM. 
  • Customer Loyality adalah kemudahan yang didapat dari penggunaan e-banking yaitu rasa aman dan nyaman untuk melakukan kegiatan perbankan tanpa harus membuka akun bank di berbeda-beda tempat, Anda dapat menggunakan 1 bank saja. 
  • Revenue dan Cost Improvement adalah kemudahan yang didapat dari penggunaan e-banking ini adalah biaya yang dikeluarkan lebih murah daripada di kantor cabang dan ATM.
  • Competitive Advantage yaitu bank yang memiliki internet banking lebih menguntungkan dibanding bank yang tidak memiliki internet banking karena orang-orang tidak akan membuka akun di bank yang tidak memiliki fasilitas internet banking. 
  • New Business Model adalah layanan perbankan baru yang diluncurkan melalui web dengan cepat.
Jenis transaksi yang dapat digunakan melalui e-banking yaitu:
  1. Transfer dana
  2. Informasi saldo 
  3. Mutasi rekening 
  4. Informasi nilai tukar  
  5. Pembayaran tagihan 
  6. Pembelian
Nomor Antre
Nomor antre merupakan nomor yang ditunjukkan untuk daftar antre melakukan transaksi misalnya nomor antre pada bank untuk menunggu daftar antre kegiatan perbankan baik itu penarikan maupun setor tunai, konsultasi pada customer service, dan lain-lain. 
Beberapa tahun yang lalu nomor antre ini sering diabaikan oleh bank. Bank banyak yang tidak menerapkan sistem penggunaan nomor antre ini. Akibat yang ditimbulkan adalah terkadang meskipun nasabah yang datang lebih dahulu tidak dilayani terlebih dahulu, melainkan pelayanan diberikan pada nasabah-nasabah berikutnya. Hal ini menimbulkan kesenjangan pada nasabah-nasabah yang khususnya datang lebih awal. 
Untuk mengantisipasi hal tersebut pihak bank memberikan solusi dengan memberikan nomor antre. Pemberian nomor antre ini diharapkan dapat menjaga keamanan dan kenyamanan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan, sehingga menghindari masalah seperti: perebutan kesenjangan pelayanan.
Nomor antre ini dapat berupa kartu maupun kertas printout dari mesin. Teknologi informasi untuk nomor antre ini adalah penggunaan mesin pencetak nomor antre. Mesin ini akan mencetak, apabila ada nasabah yang ingin melakukan transaksi perbankan. Ketika seorang nasabah menekan tombol antre, maka secara otomatis nomor antre akan keluar sesuai dengan urutan nomor terendah hingga tertinggi.
Sumber:
McLeod, Raymond, Jr. 2008. Sistem Informasi Manajemen Edisi Kedelapan. Jakarta: Salemba Empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar