Seafood? siapa yang tidak kenal makanan populer ini.
yup.. Seafood
termasuk makanan yang paling digemari oleh banyak orang. Tidak hanya konsumen
dalam negeri, tetapi sampai luar negeri. Selain tidak perlu takut haram,
terkena flu atau hal lain, hamper semua makanan dari laut adalah halal. Jadi
bisnis ini menjdi pilihan anda untuk menambah pendapatan.
Memulai
Bisnis Seafood
Sedapnya makan seafood di waktu malam hari di warung tenda samping jalan
raya. Tentunya dengan harga yang lebih terjangkau dari pada beli di
rumah makan ataupun restoran. Banyak masyarakat Indonesia yang
menggemari makanan seafood. Banyak sekali potensi dan keanekaragaman
makan dari laut karena
Indonesia dikelilingi oleh banyak laut. Dahulu orang sering memasak
sendiri tetapi sekarang orang cenderung untuk membeli yang sudah jadi,
karena lebih praktis dan menunya pun lengkap tinggal pilih saja. Dengan
begini peluang usaha untuk membuka warung makan seafood makin terbuka
lebar.
Jenis makan
ini selain dapat dijual di restoran besar dapat juga di warung tenda (warten)
pinggir jalan. Di samping untuk meminimalisasi modal. Tempat tersebut
sangat strategis dan mudah terlihat oleh semua pengguna jalan.
Untuk memulai,
bisa disediakan kotak berisi es atau plastic berisis air yang diisi dengan
berbagai jenis seafood yang masih hidup, sehingga ketika dimasak, seafood
tersebut masih dalam keadaan segar. Sebaiknya seafood dipisahkan berdasarkan
jenisnya untuk menghindari kematian.
Selanjutnya,
anda bisa mencari pegawai yang bisa memasak seafood dan menyiapkan peralatan
mulai dari tenda, meja, kursi, peralatan makana dan lain sebagainya. Perlu juga
dipikirkan dimana kita dapat memperoleh bahan baku yang bisa diperoleh setiap
saat.
Kunci Sukses
Pemasaran
1. Kualitas cita rasa. Berbagai
jenis seafood dapat diolah menjadi berbagai menu masakan. Tetapi yang
terpenting adalah bagaimana cita rasa masakan dan tampilan yang menarik bisa
disajikan konsisten setiap hari.
2. Kebersihan tempat dan masakan. Kebersihan
tempat sangat penting, semakin bersih tempat dan masakan dalam usaha ini, akan
semakin membuat konsumen tertarik untuk datang lagi ke warung tenda anda.
3. Lokasi yang strategis. Menentukan
tempat usaha memang agak sulit karena harus benar-benar bisa memilih lokasi
yang strategi, mudah dijangkau, dan tersedia tempat parker yang memadai baik
untuk kendaraan roda empat maupun roda dua.
4. Layanan sepenuh hati. Sebagai
penunjang, dapat disediakan jaring atau kolam yang transparan, sehingga
konsumen dapat melihat dan memilih sendiri seafood yang dipesannya.
Strategi
Promosi
1. Iklan. Meskipun tidak mutlak, tetapi
sebaiknya iklan dilakukan di media massa terutama jika merupakan usaha baru
yang belum banyak dikenal orang. Iklan bisa menjadi media pengenalan kita
kepada masyarakat luas.
2. Konsumen melihat proses pengolahan. Beberapa
rumah makan banyak menggunakan cara di mana konsumen dapat melihat proses
pengolahannya secara langsung. Cara yang dilakukan adalah dengan menempatkan
dapur di depan atau di hadapan konsumen. Hal ini meninjukkan bahwa makanan yang
disajikan bersih, segar, dan tanpa pengawet, bahkan ketika mamasak konsumen
dapat menambahkan bumbu-bumbu tertentu.
3. Program diskon pada awal pembukaan. Pemberian
diskon pada beberapa hari di awal pembukaan usaha dapat memberikan kesempatan
kepada untuk mencoba masakan kita. Selanjutnya, diharapkan mereka akan turut
mempromosikan kepada tetangga atau kenalan mereka.
Sebagai referensi, jika kamu ingin mengeluti usaha makanan seafood, maka kamu harus menyediakan berbagai menu seperti kepiting, rajungan, cumi-cumi, kerang, udang dan ikan-ikan laut. Nah, berbagai macam bahan tersebut bisa diolah dengan berbagai cara. Baik dengan cara di di bakar, goreng, direbus dan juga diolah dengan berbagai bumbu. Jadi, nggak hanya itu-itu aja menunya hihi
Untuk memasarkan usaha warung seafood tenda, maka sebaiknya kamu memilih lokasi yang dekat dengan dearah kawasan masyarakat kelas menengah ke atas, seperti berjualan di pinggir jalan yang ada di dekat komplek perumahan. Tak hanya itu, tidak ada salahnya juga jika kamu menyebarkan brosur ke calon konsumen dan menggunakan spanduk yang berisi nama usaha dan menu yang disediakan.
Tujuan dari cara ini adalah selain agar para konsumen mengetahui usaha seafood kamu, mereka juga akan lebih tertarik karena ada gambar kepiting, udang dan cumi – cuminya. Agar usaha berjalan sukses, maka jaga kualitas dan rasa dari produk yang disajikan.
Tujuan dari cara ini adalah selain agar para konsumen mengetahui usaha seafood kamu, mereka juga akan lebih tertarik karena ada gambar kepiting, udang dan cumi – cuminya. Agar usaha berjalan sukses, maka jaga kualitas dan rasa dari produk yang disajikan.
Sumber:
INDOTERPAL adalah distributor dan produsen terpal dan tenda “ready made” terdepan dan terunggul di jakarta dengan produk dan kualitas terbaik dan termurah. Dengan pengalaman bisnis dibidang terpal dan tenda lebih dari 15 tahun kami memastikan anda sebagai pelanggan untuk memperoleh jaminan pelayanan dan kepuasan dari kami.
BalasHapusBeberapa keuntungan yang dapat anda peroleh dengan menjadi customer kami adalah produk yang bervariasi, terjamin, harga kompetitif . Semua harga produk terpal dan tenda kami sudah mencakup biaya produksi serta FREE delivery untuk wilayah JABODETABEK (*)
Produk kami mencakup terpal plastik siap pakai, terpaulin, cover truk, cover kapal, cover mesin, tenda cafe, tenda kerucut / tenda sarnavil, tenda peleton / tenda penampungan, tenda lipat, jaring anggrek, polynet, waring, tambang PE / PP, plastik cor, kantung jenazah, dsb-nya.
Untuk informasi
Bisa email ke tommyindoterpal@gmail.com
Mobile:0813-8061-3685