Membuat Letter
melalui Open Office
Disini saya akan memberikan tutorial mengenai cara membuat Letter (surat) pada aplikasi Open Office.
Pertama bukalah aplikasi
Open Office, karena kita akan membuat surat maka pilih Text Document (lihat
gambar) :
Setelah
terbuka, lalu ketiklah surat pada open office kemudian klik menu bar : Tools
lalu pilih Mail Merge Wizard :
Lalu
akan muncul tampilan seperti ini, pada Select starting document for the mail
merge pilih Use the current document (menggunakan dokumen yang sedang aktif)
kemudian klik Next :
Lalu
muncul step berikutnya (memilih tipe dokumen) pilih Letter karena kita sedang
membuat surat lalu klik Next :
Kemudian
pada step berikutnya klik pada Select Address List untuk memilih daftar alamat
:
Maka
akan muncul tampilan dari Select Address List lalu klik Create jika anda belum
membuat address list :
Lalu
akan muncul new address list (daftar
alamat baru) lalu klik Customize untuk mengedit address list element :
Lalu akan muncul listnya delete semua element yang tersedia, lalu klik add untuk menambahkan element :
Kemudian
ketik Nama lalu klik Add lagi, kemudian
ketik Alamat, maka Nama dan Alamat akan muncul di Address List Element,
setelah klik OK :
Kemudian
muncul lagi New Address List lalu masukkan nama : untuk nama perusahaan yang
akan anda kirimkan beserta alamatnya, buatlah menjadi beberapa nama dan
alamatnya dengan klik New:
Kemudian
simpan kefolder yang anda inginkan lalu akan muncul lagi Select Address List
maka nama program yang anda save akan muncul lalu klik OK :
Kemudian
klik Match Field :
Lalu
pada Match Field klik pada tanda panah kebawah disamping Title (lihat gambar)
lalu pilih Nama dan pada tanda panah disebalah First Name pilih alamat (cukup
sekali) :
Maka
akan muncul nama perusahaan beserta alamatnya pada Preview lalu klik OK :
Kemudian
akan kembali pada menu utama (Mail Merge Wizard) lalu klik More :
Maka
akan muncul Select Address Block lalu klik New :
Maka
akan muncul Edit Address Block lalu Klik Tanda panah untuk memaskan Title dan First Name :
Kemudian
pilih Address information yang diinginkan dengan cara klik panah maka akan
muncul lalu klik OK :
Setelah itu klik Next :
Pada
langkah seanjutnya klik Next lagi :
Pada
langkah selanjutnya centang pada Align to text body dan atur From top sesuai
kebutuhan lalu klik Next :
Pada
langkah selanjutnya Next lagi :
Lalu pada langkah selanjutnya Next
lagi :
Setelah itu pada langkah terakhir
centang pada Save Starting Document lalu klik Save Starting Document :
Maka
Program membuat surat pada Open Office sudah tersimpan.
Inilah
hasil akhirnya :
Dan
hasil yang telah saya buat bisa dilihat disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar