Rabu, 11 Desember 2013

PKTI 1C - Open Office (Letters)

Membuat Letter melalui Open Office

Disini saya akan memberikan tutorial mengenai cara membuat Letter (surat) pada aplikasi Open Office.
Pertama bukalah aplikasi Open Office, karena kita akan membuat surat maka pilih Text Document (lihat gambar) :


Setelah terbuka, lalu ketiklah surat pada open office kemudian klik menu bar : Tools lalu pilih Mail Merge Wizard :


Lalu akan muncul tampilan seperti ini, pada Select starting document for the mail merge pilih Use the current document (menggunakan dokumen yang sedang aktif) kemudian klik Next :


Lalu muncul step berikutnya (memilih tipe dokumen) pilih Letter karena kita sedang membuat surat lalu klik Next :

 
Kemudian pada step berikutnya klik pada Select Address List untuk memilih daftar alamat :


Maka akan muncul tampilan dari Select Address List lalu klik Create jika anda belum membuat address list :
 
 

Lalu akan  muncul new address list (daftar alamat baru) lalu klik Customize untuk mengedit address list element :

 

Lalu akan  muncul listnya delete semua element yang tersedia, lalu klik add untuk menambahkan element  :


Kemudian ketik Nama lalu klik Add lagi, kemudian  ketik Alamat, maka Nama dan Alamat akan muncul di Address List Element, setelah klik OK :



Kemudian muncul lagi New Address List lalu masukkan nama : untuk nama perusahaan yang akan anda kirimkan beserta alamatnya, buatlah menjadi beberapa nama dan alamatnya dengan klik New:

 

Kemudian simpan kefolder yang anda inginkan lalu akan muncul lagi Select Address List maka nama program yang anda save akan muncul lalu klik OK :

Kemudian klik Match Field :

Lalu pada Match Field klik pada tanda panah kebawah disamping Title (lihat gambar) lalu pilih Nama dan pada tanda panah disebalah First Name pilih alamat (cukup sekali) :


Maka akan muncul nama perusahaan beserta alamatnya pada Preview lalu klik OK :


Kemudian akan kembali pada menu utama (Mail Merge Wizard) lalu klik More :


Maka akan muncul Select Address Block lalu klik New :


Maka akan muncul Edit Address Block lalu Klik Tanda panah untuk  memaskan Title dan First Name :


Kemudian pilih Address information yang diinginkan dengan cara klik panah maka akan muncul lalu klik OK :


Setelah itu klik Next :


Pada langkah seanjutnya klik Next lagi :
 

Pada langkah selanjutnya centang pada Align to text body dan atur From top sesuai kebutuhan lalu klik Next :


Pada langkah selanjutnya Next lagi :


Lalu pada langkah selanjutnya Next lagi :

  
Setelah itu pada langkah terakhir centang pada Save Starting Document lalu klik Save Starting Document :


Maka Program membuat surat pada Open Office sudah tersimpan.
Inilah hasil akhirnya :





Dan hasil yang telah saya buat bisa dilihat disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar