Senin, 09 Desember 2013

MOTIVASI

Pengertian Motivasi

Motivasi adalah suatu penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau mencapai sesuatu tujuan. Motivasi  juga bisa dikatakan sebagai rencana atau keinginan untuk menuju kesuksesan dan menghindari kegagalan hidup. Dengan kata lain motivasi adalah sebuah proses untuk tercapainya suatu tujuan. Seseorang yan mempunyai motivasi berarti ia telah mempunyai kekuatan untuk memperoleh kesuksesan dalam kehidupan.

Motivasi dapat berupa motivasi instrinsik dan ekstrinsik.

Motivasi Instrinsik adalah motivasi yang tidak membutuhkan atau memerlukan ransangan dari luar. Karena, dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu. Jadi, motivasi ini muncul  dalam diri sesorangan tanpa memerlukan ransangan dari luar.
Contoh : siswa yang belajar, karena memang dia ingin mendapatan pengetahuan, nilai ataupun keterampilan agar dapat mengubah tingkah lakunya, bukan untuk tujuan yang lain.

  Motivasi Ekstrinsik adalah motivasi yang membutuhkan atau memerlukan ransangan dari luar. Jadi, motivasi ini diakibatkan timbulnya pengaruh dari luar individu. Apakah karena ajakan ataupun karena paksaan orang lain sehingga dengan demikian seseorang mau melakukan sesuatu.
Contoh : anak mendapatkan motivasi dari lingkungan keluarga dalam mengejar cita-citanya. Orang tua dapat memotivasi anaknya dalam belajar ataupun dalam pergaulan disekolah maupun dirumah. Karena setiap individu berbeda- beda sifatnya, ada yang mudah terpengaruh dan tidak mudah terpengaruh, yang mudah terpengaruh ini sangatlah rentan terhadap lingkungan disekitarnya. Jadi peran orang tua disini sangatlah dibutuhkan agar dapat memberikan nasihat yang mengandung motivasi dengan cara memberi nasihat yang mengandung motivasi pada anaknya.
Apabila orang tua tersebut tidak pernah  memberikan  semangat motivasi maka anak tersebut  akan mengalami kenakalan .Kenakalan tidak memandang siapa saja, kapan saja , dan dimana saja tanpa mengenal usia ,latar belakang , pendidikan, jenis kelamin, dan stasus sosial. Kenakalan bukan berkurang malah meningkat jika tidak diperhatikan oleh orang tua.

Adapun kalimat – kalimat yang dapat memotivasi kita, antara lain :

-         Jalanilah hidupmu seperti esok adalah hari kematianmu.
-        Tingkatkanlah atau buatlah tekad untuk memenuhi komitmen untuk menggapai kesuksesanmu karena jika kamu tidak mempunyai tekad dalam mempunyai komitmen maka kamu akan susah untuk menggapai kesuksesan.
-       Bangkitlah dari kegagalan untuk mencapai kesuksesan di kemudian hari.
-       Janganlah mengulang kesalahan yang pernah kamu buat sebelumnya.
-       Jangan menganggap pendidikan adalah satu-satunya bekal untuk meraih keberhasilan.
-       Jangan takut dengan orang yang lebih pintar dari anda, karena sesungguhnya kamu hanyalah pengecut. Hadapilah ketakutan dalam diri kalian.
-        Pelaku kejahatan bisa saja lolos dari hukuman dunia, tapi tidak bisa lolos dari hukuman Tuhan.
-        Janganlah menjadi orang yang sombong karena bisa merugikan diri sendiri dan dimusuhi orang – orang bahkan diakheratpun jadi musuh Tuhan karena ini juga dapat mengakibatkan kegagalan dalam meraih kesuksesan.


Gamal Komandoko - Siapa Bilang Remaja Dilarang Sukses ? Enak Aja !, Yogyakarta : banguntapan, 2009.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar