Minggu, 27 Oktober 2013

Metode Pembelajaran Melalui Edutainment (Pengantar Komputer 1C)


Disini saya akan menjelaskan metode pembelajaran mengenai edutainment. Pertama kalian harus mengetahui apa itu edutainment. Edutainment itu singkatan dari dua kata yaitu education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Jadi bisa diartikan bahwa edutainment yaitu salah satu bentuk proses pembelajaran yang dilakukan atau di praktekan dengan cara memadukan antara muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis, sehingga aktivitas pembelajaran berlangsung menyenangkan baik di dalam kelas (indoor learning) maupun di luar kelas (outdoor learning).
Di saat belajar pasti banyak sekali metode – metode agar belajar menjadi cepat masuk, lebih menyenangkan sehingga peserta didik merasa nyaman, aman, enjoy, santai, dan kelas tidak terkesan tegang, menakutkan, tidak nyaman, terancam, tertekan, dan lain – lain, inilah yang disebut sebagai tujuan dari edutainment.
Contoh dari metode pembelajaran dari edutainment itu sendiri yaitu seperti metode pembelajaran yang menyenangkan biasanya dilakukan dengan humor, permainan (game), bermain peran (Role-Play), dan demonstrasi. Tetapi dapat juga dengan rasa senang – senang dan mereka menikmatinya. Selain itu contoh lain dari metode pembelajaran edutainment bisa kalian lihat langsung di acara – acara television seperti film Blues Clues, Dora The Explorer, Nickelodeon, Star Kids Ya Iyalah dan masih banyak lagi.
Alhasil metode pembelajaran melalui edutainment ini sangatlah menarik untuk dicoba dalam proses belajar karena dengan cara ini siswa tidak hanya duduk dan mendengarkan secara pasif selain itu siswa dapat berinteraksi antara guru dan murid tidak dijalin dengan komunikasi yang kaku tetapi harmonis” seperti guru sangat luwes, akrab dan bersahabat sebagaimana teman sendiri. Dengan begitu siswa tidak merasa dibatasi, takut dan bisa berinteraksi dengan bebas dan menyenangkan.
Edutainment is important :D          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar